7 Tips Bersaing Bisnis

Diposting oleh Haedar

Mendapatkan Banyak Uang dengan Mudah Hanya dari Facebook

menunjukkan bisnis itu tidak terlepas dari persaingan dengan yang lain

Halo sobat blogger gimana kabarnya ??? masih eksis kan bisnisnya ? edisi kali ini ane mau posting masalah saingan ni alias pesaing bisnis.

Dalam usaha, muncul pesaing adalah suatu hal yang wajar. Dan kita perlu melakukan antisipasi sejak dini. Kehadiran pesaing jangan dijadikan sebagai ancaman, melainkan jadikan motivasi untuk berkembang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pesaing.

  1. Dari pada pesaing yang aktif,sebaiknya kita yang lebih aktif. Aktif untuk melakukan analisa pesaing, aktif untuk makin berpromosi dan memperbaiki kualitas produk.
  2. Lakukan analisa pesaing, bisa dengan cara melakukan kunjungan ke gerai pesaing. Mencoba produk pesaing untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan dengan produk kita.
  3. Bisa juga dengan mendatangi konsumen,tanyakan ke konsumen bagaimana kepuasan mereka terhadap produk pesaing dibanding produk kita, ini bisa jadi masukan untuk membuat strategi menghadapi pesaing.
  4. Inovasi usaha dan PERBAIKAN kualitas produk dilakukan agar pelanggan tidak lari ke pesaing. Inovasi bisa juga dengan penambahan varian produk, jenis produk, perbaikan kemasan dll.
  5. RUTINkan promosi di online dan offline. Maksimalkan stand, promosi di social media, web, iklan banner, gunakan adwords.
  6. Buatlah program RETENSI konsumen (membuat konsumen tidak berpaling) misal program sales promo, diskon, program kartu anggota dan program berhadiah (pembelian tertentu dapat hadiah)
  7. Buatlah BISNIS MODEL CANVAS.Seperti posting edisi sebelumnya, bisnis model CANVAS membantu untuk membendung pesaing dengan cara membuat sistem bisnis mulai dari penentuan TARGET konsumen hingga teknik MENJAGA RELASI konsumen.

Sobat jangan ragu ataupun bimbang karena banyak pesaing bisnisnya…pokoknya terus lanjutkan dan cari langkah-langkah terbaik…Good Luck ^^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar