9 Tips Simpel Perencanaan Bisnis

Diposting oleh Haedar

9 Tips Simpel Perencanaan Bisnis

penggambaran perencanaan sebuah bisnis

Ok sobat semua, yang satu ini nih ada beberapa tips untuk sobat blogger sebelum memulai bisnis, tips simpel perencanaan bisnis.

  1. Analisa kebutuhan market
  2. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam perencanaan bisnis, kita harus tahu apa yang jadi kebutuhan konsumen saat ini, kebutuhan ini akan jadi masukan untuk ide bisnis kita.

  3. Cari ide bisnis dengan pergi ke toko buku.
  4. Saat ini sudah banyak buku yang temanya tentang kewirausahaan, berbisnis dan strategi menangkap peluang usaha.

  5. Tentukan ide bisnis
  6. Buatlah list ide bisnis yang berpotensi, cari ide bisnis dari berbagai sumber (internet, buku, majalah, seminar, dll) lalu pilih 1-2 ide bisnis yang palig berpotensi.

  7. Target konsumen
  8. Tentukan target calon konsumen yang nantinya akan kita sasar. Target market : kelas social, status (pelajar/pekerja dll), gender, dll

  9. Analisa pesaing
  10. Cari tahu siapa pesaing yang ada dipasaran, pelajari yang dilakukan pesaing lalu jadikan strategi mereka sebagai masukan untuk produk kita.

  11. Produk
  12. Mulailah buat konsep produk/ jasa : konten, kemasan, layanan. Fokuslah pada kualitas dan buatlah produk yang memiliki kelebihan disbanding produk yang ada di pasaran.

  13. Harga
  14. Tentukan harga dengan baik: cek dengan target market, cek dengan pesaing dan cek dengan target keuntungan yang mau diperoleh.

  15. Promosi
  16. Tentukan cara promosi produk kita. Bisa via brosur, social media, website, media online, pameran, bazar. Lakukan promosi secara konsisten.

  17. Distribusi
  18. Tentukan cara distribusi produk kita, apakah jual beli toko sendiri, orang lain, ada distribution channel atau melalui online shop dan reseller.

  19. Timeline dan monitor
  20. Tentukan kapan bisnis akan segera dimulai. Buatlah rencana actionnya seta lakukan monitoring persiapannya sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Simple kan,,dengan gitu kita bisa merencanakan beberapa langkah sebelum mulai bisnis. Good luck...^^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar