Sukses Dengan Bisnis Model CANVAS

Diposting oleh Haedar

Sukses Dengan Bisnis Model CANVAS

menunjukkan peta pola bisnis model canvas

Kali ini sobat blogger, ane ada strategi ampuh untuk meraih kesuksesan berbisnis dengan model CANVAS sajian EDVONATE ini, asalkan aja kita mau mempraktekkannya. Oke,,

Model ini dikembangkan oleh Alexander Osterwalder, diimajinasikan sebagai sebuah gambar, berisi sembilan elemen. BISNIS CANVAS sangat penting untuk strategi MENGEMBANGKAN BISNIS dengan pembagiannya sebagai berikut :

  1. CUSTOMER SEGMENT
  2. Dalam menyusun bisnis MODEL KANVAS kita harus tahu siapa SEGMEN yang jadi target pasar kita, apakah bisnis kita B to C (Bisnis to Customer) atau B to B (Bisnis to Bisnis).
  3. VALUE PREPOSITION
  4. Apa kelebihan produk kita dibanding PESAING, apa diferensiasi yang kuat dari produk kita. Perbedaan kuat tidak harus selalu sulit. Kita bisa bermain di kemasan yang bagus dan kualitas/ layanan produk lebih baik.
  5. CUSTOMER RELATIONSHIP
  6. Bagaimana bisnis menjalin hubungan dengan pelanggannya, hal-hal apa saja yang membuat pelanggan menjadi loyal. Bagian ini juga berbicara tentang media promosi dan MARKETING.
  7. CHANNEL
  8. Dalam menyampaikan kelebihan kita kepada calon pelanggan kita, perlu sarana yang berperan dari membangun awareness sampai layanan purna jual. Intinya bagaimana agar produk SAMPAI ke konsumen.
  9. REVENUE STREAM
  10. Indentifikasi dari mana pendapatan dalam bisnis kita diperoleh. Bagian ini sangat penting untuk analisa sumber cashflow kita.
  11. KEY RESOURCES
  12. Dalam menciptakan proporsi nilai, perlu sumber daya di dalam organisasi yang perlu kita wujudkan bisa berwujud manusia, teknologi, peralatan, channel maupun BRAND.
  13. KEY ACTIVITIES
  14. Dalam rangka mengenalkan produk kita, juga untuk mencapai target-target yang kita susun, kita perlu merancang strategi-strategi yang tepat.
  15. KEY PARTNERSHIP
  16. Kita perlu kerjasama dengan orang-orang pihak lain yang bisa mendukung bisnis kita. Partner bisnis ini bisa seperti supplier, rekan reseller dll.
  17. COST STRUCTURE
  18. Perlu adanya komponen biaya yang menjadi kunci jalannya operasional bisnis. Komponen ini perlu diatur agar tetap efisien.

Gimana ??? mau nyoba kan ? ayo… langsung aja, kita kejar KESUKSESAN. ^^ good luck

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar