9 Kiat Menghindari Kegagalan Ketika Mengawali Bisnis

Diposting oleh Haedar

9 Kiat Menghindari Kegagalan Ketika Mengawali Bisnis

dalam perjalanan bisnis mengalami kegagalan

Hallo sobat blogger, postingan kali ini ada kiat-kiat menghindari kegagalan ketika kita mengawali bisnis yang ane ambil dari EDVONATE.

  1. Atur keuangan
  2. Seringkali kita lupa untuk mengatur keunangan dengan baik. Boros, tidak efisien, baru mulai bisnis tapi sudah ingin foya-foya dari hasil awal. Ini berbahaya saat mengawali bisnis.

    Seringkali kita jangan lupa mencatat uang keluar dan masuk, bahkan rekening bisnis dan pribadi masih dicampur. Jika ini dibiarkan terus terjadi dampaknya akan membuat keuangan bisnis kita tidak terorganisir dengan baik.

  3. Fokus bisnis
  4. Pebisnis pemula terutama yang lagi semangat-semangatnya berbisnis, ingin semua peluang bisnis diambil. Padahal jika ingin sebuah bisnis berkembang dengan maksimal, kita perlu FOKUS pada sebuah bisnis.

    Jika kita tidak focus dan punya banyak bisnis dampaknya kita akan capek, konsentrasi dan sumber daya akan terpecah ke beberapa BISNIS.

    Ingat ! Biasanya saat mengawali BISNIS, sumber daya kita masih terbatas.

  5. Tentukan ide bisnis
  6. Buatlah list ide bisnis yang berpotensi, cari ide bisnis dari berbagai sumber (internet, buku, majalah, seminar, dll) lalu pilih 1-2 ide bisnis yang palig berpotensi.

  7. Kualitas itu penting
  8. Kualitas produk dan layanan harus menjadi prioritas utama jika ingin mengambil hati konsumen. Tanpa ini BISNIS kita akan layu sebelum berkembang alias GAGAL karena konsumen tidak menggunakan produk kita dengan alas an produk/ layanan kita berkualitas jelek.

  9. Kejar Target Omzet
  10. Saat mengawali BISNIS, ingat untuk focus kejar omzet. Lakukan berbagai strategi pemasaran untuk mendongkrak OMZET. Omzet ini nantinya akan jadi darah bisnis kita agar bisnis kita terus berjalan. Buatlah target omzet kemudian curahkan focus dan tenaga agar omzet bisnis stabil.

  11. Berbisnis dengan orang yang tepat
  12. Berbisnislah dengan orang yang tepat, jangan bekerja sama dengan orang yang tidak jelas latarbelakangnya. Mengapa ? Karena kita tidak tahu motif kerjasama yang akan dilakukan Usahakan tahu latar belakangnya, track recordnya, cari info dari orang lain. Jika tidak jeli, partner bisa jadi masalah.

  13. Jangan meremehkan pesaing
  14. Jangan remehkan pesaing. Cari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan mereka, hal ini penting untuk masukan strategi kita. Jangan remehkan pesaing artinya kita tidak boleh terlena dengan keadaan sekarang. Terus perbaiki diri dan lakukan inovasi. Jika tidak, tunggu waktunya disalip pesaing.

  15. Setia pada proses
  16. Hasil survey sederhana yang menyebabkan banyak pengusaha yang gagal adalah mereka ingin cepat kaya tapi tidak mau menjalankan prosesnya. Hasilnya malah BISNIS tidak berjalan dengan baik.

    Mungkin di awal berat, omzet masih kecil, tapi ingatlah pengusaha-pengusaha sukses juga mengalami hal ini saat mengawali bisnis.

  17. Monitor bisnis secara intense
  18. Salah satu kesalahan terbesar pengusaha pemula adalah konsep “Bisnis jalan, pengusahanya jalan-jalan.” Konsep ini tidak salah jika BISNIS sudah berjalan sedemikian stabil dan punya sistem yang kuat. Kalo BISNIS baru saja dimulai dan omzet belum stabil jangan lakukan ini.

    Monitoring bisnis sangat penting dilakukan misalnya monitor jalannya proses produksi, promosi, monitor kinerja reseller dll. Tujuannya agar BISNIS dapat menghasilkan maksimal.

Gimana sobat, mantapkan !!! ayo langsung aja kita praktekkan.^^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar